Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreativitas Siswa

Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreativitas Siswa

The good student, berikut ini Calon Guru coba berbagi file hasil kreativitas dari salah satu kalian the good student yaitu salah satu siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta angkatan I (pertama) dengan nama Simon Putra Aekhela.

Sebelum libur sekolah kemarin Simon memberikan sebuah karya hasil kreativitasnya, yaitu pembahasan soal-soal matematika dengan pesan "coba bapak diskusikan dengan teman-teman bapak". Untuk melanjutkan kelanjutan dari pesan tersebut, bagaimana jika hasil pekerjaan Simon kita diskusikan pada catatan ini.

Sebagai seorang guru mempunyai siswa yang kreatif adalah hal yang menyenangkan. Beberapa tulisan sebelumnya yaitu OSP matematika 2013, Pertanyaan jarak titik ke bidang dan alat peraga terbuat dari kertas adalah tulisan yang ide awalnya adalah dari kreativitas siswa.

Kembali kepada hasil kreativitas Simon Putra tentang pembahasan soal matematika yang dikerjakan secara mandiri. Dia mengerjakan soal-soal matematika ini dengan cara yang tidak biasa.

Yang tidak biasa!
dengan cara biasa gimana ya?
kalau yang biasa itukan, biasanya siswa membahas soal dan menuliskannya di buku atau kertas selembar, tetapi Simon mengerjakan soal matematikanya dengan menggunakan powerpoint.

Satu poin penting lain lagi (ini yang menjadikan karyanya dapat perhatian khusus) adalah dia mengerjakan ini tanpa ada perintah, jadi dia mengerjakan beberapa soal matematika ini dengan inisiatif sendiri dan ditambah lagi membuatnya dalam sebuah presentasi power point yang sangat keren. Seandainya sikap seperti ini dimiliki anak-anak Indonesia, mungkin sekolah akan tampak sangat menyenangkan.

Salah satu contoh soal yang dibahas Simon pada power pointnya adalah Menggunakan Cara Kerja Telescoping Dalam Matematika, seperti apa soalnya mari kita simak.

Tentukan nilai dari:
$ \left ( 1-\frac{2}{3} \right )\left ( 1-\frac{2}{5} \right )\left ( 1-\frac{2}{7} \right )\left ( 1-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( 1-\frac{2}{2013} \right ) $

Alternatif Pembahasan:
$\begin{align}
& \left ( 1-\frac{2}{3} \right )\left ( 1-\frac{2}{5} \right )\left ( 1-\frac{2}{7} \right )\left ( 1-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( 1-\frac{2}{2013} \right ) \\
& =\left ( \frac{3}{3}-\frac{2}{3} \right )\left ( \frac{5}{5}-\frac{2}{5} \right )\left ( \frac{7}{7}-\frac{2}{7} \right )\left ( \frac{9}{9}-\frac{2}{9} \right ) \cdots \left ( \frac{2013}{2013}-\frac{2}{2013} \right ) \\
& =\left ( \frac{1}{3} \right )\left ( \frac{3}{5} \right )\left ( \frac{5}{7} \right )\left ( \frac{7}{9} \right ) \cdots \left ( \frac{2011}{2013} \right ) \\
& =\frac{1}{3} \cdot \frac{3}{5} \cdot \frac{5}{7} \cdot \frac{7}{9} \cdots \frac{2011}{2013} \\
& =\frac{1}{\not{3}} \cdot \frac{\not{3}}{\not{5}} \cdot \frac{\not{5}}{\not{7}} \cdot \frac{\not{7}}{\not{9}} \cdots \frac{\not{2011}}{2013} \\
& =\frac{1}{2013}
\end{align}$

Jika tertarik untuk melihat soal-soal yang lain, silahkan download hasil kreatifitas Simon secara lengkap 📥 Download File


Soal dan Kunci Jawaban OSN SMA Tingkat Kabupaten/Kota Untuk 9 Mata Pelajaran

Soal-soal atau silabus OSN SMA tingkat kabupaten/kota tiap tahun berkembang seiring dengan mengikuti perkembangan kurikulum dan teknologi. Tetapi aturan-aturan dasar atau teorema-teorema dalam mengerjakan soal secara umum masih sama, sehingga soal-soal yang sudah diujikan panitia pada tahun lalu di bawah ini sangat baik dijadikan latihan dasar untuk mengikuti OSN tingkat kabupaten/kota atau tingkat provinsi pada tahun ini.

  • Soal dan Kunci Jawaban Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) SMA Tahun 2020 |👀Lihat Soal
  • Soal dan Kunci Jawaban Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) SMA Tahun 2019 |👀Lihat Soal
  • Soal dan Kunci Jawaban Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) SMA Tahun 2018 |👀Lihat Soal
  • Soal dan Kunci Jawaban Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) SMA Tahun 2017 |👀Lihat Soal
  • Soal dan Kunci Jawaban Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K) SMA Tahun 2016 |👀Lihat Soal

Catatan tentang Soal dan Pembahasan Olimpiade Matematika SMA Hasil Kreativitas Siswa di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.