Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Mengenal Sekilas Tentang Olimpade Sains Nasional (OSN)

Sekilas Tentang Olimpade Sains Nasional (OSN)

Dapat "Buku Gratis" sebagai tambahan referensi dalam mendampingi anak-anak ketika membahas soal-soal olimpiade matematika. Saya sebut Buku Gratis yang diberi tanda petik, karena sumber biaya untuk beli buku ini adalah dari Pendidikan Gratis yang diberi tanda petik juga.

Dapat buku gratis itu pastinya sangat menyenangkan, tetapi biasanya senangnya itu hanya diawal karena hari berikutnya buku-buku belum selesai dibaca sudah menjadi hiasan di lemari. Mudah-mudahan buku ini nasibnya tidak seperti buku-buku gratis sebelumnya.

Buku yang dibagikan gratis ini, seperti yang disebutkan sebelumnya adalah buku Olimpiade Matematika SMA yang katanya dilengkapi dengan paket soal latihan setara dengan IMO (International Mathematics Olympiad).

Sedikit tertarik dengan halaman-halaman awal, karena pada halaman awal membahas tentang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan menjelaskan tujuan dari OSN secara singkat. Mudah-mudahan ketertarikan di awal ini berlanjut sampai kepada halaman-halaman berikutnya yang sudah pasti bertemu dengan dengan matematika yang penuh dengan keindahan.

Penampakan halaman awal ini adalah penjelasan dasar tentang OSN, mari kita simak;


Apa itu Olimpade Sains Nasional (OSN)?

OSN Adalah ajang kompetisi keilmuan bagi para siswa SD/MTs, SMP/MTs, dan SMA/MA, dan sederajat di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos dari tingkat Kabupaten/Kotamadya dan tingkat Provinsi.


Tujuan daripada Olimpade Sains Nasional (OSN)

Adapun tujuan daripada OSN beberapa diantaranya adalah:

  • Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
  • Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi
  • Meningkatkan kecerdasan bangsa dan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghayati masa kini dan akan datang.
  • Mempererat kesatuan bnagsa dalam pengeembangan sains dan Matematika bagi generasi muda masa kini dan yang akan datang.
  • Menjaring siswa/siswi unggul di bidang Matematika, sains, dan teknologi.

Bidang/Materi yang dilombakan

  • Jenjang SD: Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).
  • Jenjang SMP: Matematika, Biologi, dan Fisika.
  • Jenjang SMA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Ekonomi, Geografi, Kebumian dan Komputer.

Lalu dibahas juga tentang manfaat OSN atau siapa yang diuntungkan, kalau tentang siapa yang diuntungkan sudah pasti ya, guru atau orang tua mana yang tidak senang punya anak-anak cerdas.

Manfaat OSN sendiri bagi sekolah, sekolah akan terus terpacu untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika dan sainsnya melalui:

  • Peningkatan kualitas SDM guru
  • Penyediaan buku buku referensi
  • Peningkatan sarana laboratorium serta teknologi informasi dan komunikasi pendidikan.

Sedangkan manfaat OSN bagi siswa, siswa bisa mendapatkan fasilitas-fasilitas yang tidak di dapat siswa lain, misalnya:

  • Kuliah gratis di perguruan tinggi ternama (dalam maupun luar negeri) dengan biaya hidup dijamin pemberi beasiswa.
  • Menjadi duta daerah dan duta Negara dalam ajang kompetisi begengsi Olimpiade Sains Nasional maupun Internasional.
  • Penghargaan dari pemerintah (pusat dan daerah), Sekolah, dan masyarakat, baik berupa materi (uang pembimbing) maupun non materi (pujian dan penghormatan).
  • Perolehan ilmu dan materi pengetahuan yang setara dengan materi materi S2 dan S3 sehingga sangat pantas menyandang predikat siswa cerdas istimewa.
  • Sederajat manfaat lain yang adik adik sendiri bias bayangkan untuk kelak bias menjadi manusia unggul dalam intelegtual, moral, dan integritas kepribadian.

Bagi Pemerintah sendiri OSN dapat bermanfaat sebagai Alat benchmarking mutu pendidikan daerah dan nasional atau indikator keberhasilan pendidikan daerah untuk level nasional, indikator mutu pendidikan nasional untuk level internasional. Dengan demikian kewajiban pemerintah untuk mencerdaskan bangsa akan lebih terbantu.


Manfaat OSN Secara Umum

Untuk manfaat Olimpade Sains Nasional (OSN) ini secara umum antara lain:

  • Terbangunnya kesadaran di kalangan siswa dan warga sekolah bahwa belajar dan berkompetisi dalam bidang Matematika dan sains bias mengasyikkan.
  • Tumbuh dan berkembangnya minat keilmuan, khususnya Matematika dan sains, bagi siswa dan warga sekolah.
  • Terciptanya Susana kompetisi yang sehat antarsiswa dan antarsekolah di bidang Matematika dan sains.
  • Terpilihnya siswa siswi yang ungguk dalam bidang Matematika dan sains.
  • Terwujudnya peningkatan mutu pendidikan Matematika dan sain di semua sekolah Kabupaten/Kotamadya, dan Provinsi, serta Nasional.
  • Terwujudnya tali persatuan dan kesatuan bangsa di masa kini dan yang akan datang.

Pesan bijak yang disampaikan pada halaman awal ini perlu kita garis bawahi, Jika kelak Anda berhasil menjadi juara, TINGKATKANLAH IMAN DAN BERBAKTILAH UNTUK BANGSA SENDIRI. Jangan silau dengan tawaran untuk berkarya bagi kepentingan negara lain.

Catatan tentang Sekilas Tentang Olimpade Sains Nasional (OSN) di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.