
Calon Guru Berbagi Cara Bagaimana Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus yang Terbuat Dari Kertas. Ada banyak cara mengubah kertas menjadi lebih bernilai daripada kertas itu dibuang lalu dibakar. Kali ini kita coba berbagi informasi tentang membuat alat peraga dari kertas, kertas yang digunakan adalah semua jenis kertas yang tipis seperti kertas koran atau buku. Disini diambil sebagai contoh adalah kertas koran karena dapat menghasilkan ukuran yang lebih panjang dari kertas buku.
Bagaimana cara membuatnya,... sabar... kita cerita sedikit tentang alat peraga.
Dalam proses belajar mengajar menggunakan alat bantu seperti alat peraga sudah pasti memberikan nilai tambah dalam proses belajar dan peserta didik akan lebih memperhatikan jika kita gunakan media lain selain buku teks dalam proses belajar. Terkhusus dalam topik bangun ruang atau dimensi-3 kesulitan peserta didik lebih dominan adalah membayangkan bangun ruang tersebut lalu di bangun ruang tersebut terdapat bidang-bidang atau garis yang mempunyai kedudukan tersendiri.
Alat bantu pada di topik dimensi tiga ini dapat menggunakan program geogebra di komputer kita tetapi jika infokus masih barang langka di Sekolah kita maka alat peraga dari kertas ini akan sangat membantu.
Sebagai contoh pembuka kita ambil soal yang kita modifikasi dari soal Ujian Nasional IPA tahun 2007:
Diketahui sebuah kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6√3, jarak bidang ACH dan EGB adalah...
Alternatif Pembahasan:
Dalam menyelesaiakan permasalahan tentang bangun ruang, kemampuan dasar yang harus kita miliki adalah kemampuan dalam menggambarkan bangun ruang tersebut. Disini gambar yang kita tampilkan adalah gambar dengan menggunakan program geogebra dan dengan bantuan alat peraga.
Sekarang coba kita gambar bidang bidang ACH dan EGB di kubus ABCD.EFGH

Jika kita perhatikan gambar di atas dengan dua kubus yang dibangun dengan objek yang berbeda, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Setelah memperhatikan bidang ACH dan EGB di kubus ABCD.EFGH, agar melihat bidang ada namanya perhatikan gambar kanan, kita akan lihat kedudukan bidang ACH dan EGB adalah sejajar.
Jika kita lihat kubus dari sisi yang berbeda, kita akan dapat melihat bidang diagonal yaitu segi empat BDHF.

kita melihat sebuah persegi panjang seperti gambar di atas. Bidang ACH (biru) kita lihat dari samping sehingga menjadi berupa garis (biru) begitu juga dengan bidang EGB (hijau) menjadi berupa garis (hijau). Dari gambar yang menjadi jarak bidang ACH dan EGB adalah KL, sekarang tugas kita adalah mengitung panjang KL.
Agar berlaku secara umum kita misalkan panjang rusuk kubus adalah a, sehingga dapat kita tuliskan:
DF=Diagonal Ruang=Panjang rusuk⋅√3=a⋅√3=a√3

Berikutnya kita coba hitung panjang DK, dari segitiga DMH. DK adalah tinggi segitiga DMH dengan alas MH dan DH merupakan tinggi segitiga DMH dengan alas DM. Dengan menggunakan teorema Pythagoras kita dapat menghitung MH=12a√6 dan DH=12a√2.
Dengan menggunakan konsep luas segitiga dapat kita tuliskan bahwa:
12⋅DK⋅MH=12⋅DM⋅DHDK⋅12a√6=a⋅12a√2DK=a√2√6=13a√3
Dengan DK=13a√3 dan FL dengan cara yang sama dapat kita hitung dan akan diperoleh panjangnya 13a√3. Dengan DK=FL=13a√3 kita akan peroleh KL=13a√3.
Untuk panjang rusuk kubus a=6√3 maka jarak bidang ACH dan EGB yaitu KL adalah 13⋅6√3⋅√3=6 cm
Sebagai tambahan untuk bahan latihan terkait jarak titik ke bidang silahkan di simak catatan tentang jarak titik ke bidang.
Cara Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus Dari Kertas Koran
Sekarang kita lihat bagaimana pembuatan alat peraga dari kertas tersebut.
Langkah awalnya adalah cari kertas koran, edisi hari ini atau kemarin juga boleh dan jangan mimpi dapat koran edisi besok. Setelah dapat korannya lalu baca, kalau kita belum tahu apa yang mau dikerjakan berikutnya karena akan lebih asyik nunggu langkah berikutnya sambil baca koran dari pada sambil bahas soal seperti yang diatas.

Langkah kedua adalah dengan menggulung kertas koran tersebut sampai gulungan mempunyai diameter yang kita rasa sudah cukup, sewaktu menggulung kertas pastikan tidak ada ruang diantara kertas. Setelah kertas koran selesai digulung lalu beri lem digulungan terakhir agar kertas tidak terbuka lagi dan buatlah beberapa buah.

Langkah berikutnya, untuk tahap belajar kita membangun rangka kubus jadi kita perlu 12 gulungan kertas yang ukurannya sama. Lalu gabung gulungan kertas menjadi rangka kubus dan rekatkan dengan menggunakan lem yang kualitasnya baik agar rangka bangun ruang yang kita bangun tidak lepas.
Di kelas X kita akan bertemu dengan topik jarak titik-garis-bidang dan sudut garis-bidang seperti contoh soal diatas, untuk membuat garis baru agar lebih mudah cukup gunakan lidi yang lurus seperti gambar diatas.
Secara khusus diucapkan terimakasih kepada Petrus Septo Pardede siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta angkatan I dan kawan-kawanya karena dengan bantuan mereka alat peraga ini dapat cepat selesai dan dapat dipergunakan.

Catatan Cara Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus Dari Kertas Koran Bekas di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda untuk admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.