Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot

Calon Guru berbagi salah satu Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot. Untuk pengguna blog di wordpress mungkin untuk menuliskan rumus-rumus di blog tidak terlalu kesulitan, tetapi untuk pengguna blog yang dihosting oleh blogger (.blogspot) ada sedikit perbedaan dalam memasukkan rumus-rumusnya. Karena penulisan rumus-rumus matematika, fisika, atau kimia di blogspot formatnya tidak ada tersedia seperti pada microsoft word.

Untuk itu kita coba diskusikan salah satu cara mudah bagaimana menuliskan equation atau rumus-rumus lainnya di blog terkhusus untuk blog yang menggunakan blogspot.

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum penulisan postingan pada blog, kita harus menambahkan kode html atau script pada template yang kita gunakan.

Buka blogger.com, lalu pilih template (theme), lalu klik tanda segitiga disebelah customize dan pilih Edit HTML.

Setelah itu akan termuka kode html template yang kita gunakan. Cari </body> dengan menggunakan control f atau scrol manual (umumnya terletak pada baris-baris terakhir pada kode template html blog) lalu kode dibawah ini kopi dan paste di atas kode </body>. Atau cari kode </head> dan kode berikut ini, letakkan di bawahnya. (*contoh seperti gambar).

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot
<script type='text/x-mathjax-config'>MathJax.Hub.Config({tex2jax: {inlineMath: [[&#39;$&#39;,&#39;$&#39;], [&#39;\(&#39;,&#39;\)&#39;]]}});
&lt;/script&gt;
&lt;script type=&quot;text/javascript&quot; async
src=&quot;https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/mathjax/2.7.1/MathJax.js?config=TeX-MML-AM_CHTML&quot;&gt;
</script>

Setelah kode di atas selesai dipasang pada template yang kita gunakan. Sekarang kita coba menggunakannya pada postingan blog. Bahasa pengetikan rumus ini menggunakan perintah $\Latex$.

Untuk kita yang tidak paham kode-kodenya bisa menggunakan bantuan pihak ketiga, silahkan dibuka codecogs.com atau atomurl.net/math/. Untuk tampilan di bawah ini menggunakan codecogs.com.

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot


Langkah I: Pilih bentuk persamaan yang ingin kita tulis

Misal kita akan menampilkan bentuk pangkat yang sederhana, misalnya
$ a^{2}-b^{2}=2013 $

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot

Langkah II: Proses

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot

Langkah III: Hasil Akhir

Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot

Langkah IV: Menampilkan di blogspot

Penulisan di postingan adalah sebagai berikut, yang a^{2}-b^{2}=2013 adalah kode dari codecogs.com pada langkah III. Tuliskan pada postingan blog dalam mode HTML seperti ini $a^{2}-b^{2}=2013 $

Hasil yang akan tampil seperti ini: $a^{2}-b^{2}=2013$

Bentuk lain jika dalam bentuk kalimat, penulisan seperti berikut ini:
$kode\ script\ dari\ codecogs.com$
penulisan pada postingan blog dalam mode HTML adalah:
$Kode\ Script\ Dari\ codecogs.com$

Sedikit melelahkan ya.., tidak apa, namanya juga belajar.

Silahkan bereksplorasi dengan kode-kode tambahan lainnya dari yang digunakan pada kode-kode penulisan latex. Misalnya sepeti bentuk berikut ini:

$\begin{align} 
 \lim\limits_{x \to 0}  \dfrac{\sin 4x - \tan 4x}{\sin 2x - \tan 2x} 
 & = \dfrac{\sin (0) - \tan (0)}{\sin (0) - \tan (0)} \\
& =   \dfrac{0 - 0}{0 - 0} \\
& = \dfrac{0}{0} = \text{tak tentu}
   \end{align}$

Hasilnya akan seperti berikut ini:
$\begin{align} \lim\limits_{x \to 0} \dfrac{\sin 4x - \tan 4x}{\sin 2x - \tan 2x} & = \dfrac{\sin (0) - \tan (0)}{\sin (0) - \tan (0)} \\ & = \dfrac{0 - 0}{0 - 0} \\ & = \dfrac{0}{0} = \text{tak tentu} \end{align}$

Catatan tentang Cara Menulis Rumus Matematika, Fisika, atau Kimia di Blog Blogspot di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.

Pemenang melakukan kerja keras. Mereka menyukai kedisiplinan, pengorbanan untuk menang. Pecundang, disisi lain, mereka melihat kerja keras sebagai hukuman.
Lou Holtz